Semoga Semua Informasi Yang Tercantum Dalam Blog Ini Bisa Bermanfaat Bagi Kita Semua
0

Kawah Meteor di Mesir

| Author: DistroBandung
Kawah Meteor di Mesir ditemukan lewat kecanggihan Google Earth. Kawah meteor di Mesir tersebut berada di Kamil, pelosok dalam gurun pasir Mesir. Para ilmuwan menduga kawah dengan ukuran 16 x 45 meter tersebut adalah akibat tubrukan meteor besar yang kira-kira berukuran berat 10 ton besi dan dengan kecepatan 12.000 km/jam. Daerah ini sempat tidak diperhatikan para peneliti, dan akhirnya Google Earth menemukannya.
 

Kawah meteor Mesir ini diperkirakan berumur kurang dari ribuan tahun, ditemukan oleh Mineralog Vicenzo De Michele dan Civico Museo di Storia Naturale, Milan Italia. Temuan itu berawal dari usaha De Michele untuk menganti gambar pemandangan destkop komputer miliknya. Pencarian itu dilakukan dengan menggunakan Google Earth. Tanpa sengaja ia menemukan kawah yang belum pernah terpublikasi sebelumnya di Mesir. Temuan itu segera ia konfirmasikan dengan Pakar Astrofisika INAF(Italian National Astrophysic), Mario Di Martino. Selanjutnya, Mario bersama koleganya Luigi Folco segera menyelenggarakan ekspedisi di situs tersebut Februari lalu.
Ekspedisi berlangsung selama dua minggu lebih dengan melibatkan 40 peneliti. Sampai di lokasi, mereka kemudian mengumpulkan fragmen dan melakukan rangkaian tes. "Temuan lokasi menandakan meteroit memiliki massa yang tidak seutuhnya hancur di atmosifr dan tidak meledak ketika mereka mencapai tanah dan membentuk kawah," papar Detlef Koschny.
Falco menambahkan pihaknya masih mencari tahu dampak terhadap kawasan itu. "Dampaknya mungkin telah diamati manusia sebelumnya, dan penyelidikan arkeologi pada pemukinan kuno dapat membantu untuk mengetahui tanggal meteor itu menabrak bumi," katanya. Sementara itu, Badan Antariksa Eropa (ESA) yang mendanai ekspedisi kawah meteor di Mesir ini mengharapkan informasi yang terkumpul sangan berguna untuk kegiatan penilaian resiko asteroid kecil dengan orbit yang mendekati bumi dan dampaknya terhadap tabrakan yang mungkin terjadi. 
 
 
(source kawah meteor di Mesir : republika.co.id)
Share |
0 komentar

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
free counters

Free Hit Counters

SEO Stats powered by MyPagerank.Net